Sabtu, 17 April 2010

Travel and RomantismeWe call it the perfect pair. Kombinasi antara aktivitas bersama, lokasi indah dan suasana romantis: resep jitu menguatkan hubungan.

Romantic getaway sangat potensial untuk menyatukan sepasang kekasih. Bayangkan, menikmati pemandangan lokasi liburan yang menakjubkan sambil mereguk segelas minuman berdua dengan diiringi lagu cinta dari deburan ombak atau nyanyian angin, siapa yang tidak makin jatuh cinta?

Begitu banyak tempat liburan fantastis sebagai "persembunyian" Anda dan pasangan. Tak perlu jauh-jauh ke Paris atau Venice, meski diakui kedua tempat ini begitu romantis dan menjadi tujuan teratas buat menyatukan (kembali) cinta yang kadang sudah pudar. Romantic getaway pun tak melulu harus mahal dan di tempat yang jauh. Ambil waktu di akhir pekan lalu pergi ke pegunungan atau pantai terdekat, bisa jadi sangat romantis. Cari waktu yang tepat untuk Anda lalui bersama tanpa ada gangguan sedikitpun.

Saat Anda dan pasangan sudah memutuskan untuk menghabiskan waktu berdua, lokasi dan pemandangan menjadi urusan penting. Pergilah ke suatu tempat yang tidak menimbulkan kesulitan bagi Anda berdua. Tinggalkan semua hal yang bikin stres. Nikmati setiap menit perjalanan yang Anda lalui bersama.

Make a plan

Membuat perencanaan, sangat penting dilakukan, termasuk liburan romantis. Jangan sampai hal-hal kecil justru merusak kebersamaan Anda and your lovey dovey. Empat hal yang harus Anda perhatikan:

1. Set your priorities. Anda ingin berlibur ke mana dan kapan, merupakan poin pertama yang harus direncanakan. Jauh, dekat, lama, sebentar, mahal atau murah adalah pilihan Anda berdua.
2. Choose a low season. Jika tujuan sudah ditentukan, cari waktu berlibur setelah atau sebelum peak season. Selain harga akomodasi dan transportasi tak mahal, suasana pun tidak ramai.
3. Book early. Gunakan sarana booking online untuk reservasi cepat jika Anda ingin pergi ke luar kota atau luar negeri.
4. Use a travel agent. Jika Anda tidak ingin susah mengurus sendiri, ada baiknya menggunakan jasa travel agent. Cari yang profesional. Untuk lebih memudahkan lagi, pilih perjalanan romantis yang sudah dibuatkan per paket. Anda tinggal pilih mana yang dirasa paling pas.

Cash, Checks, Credit or Debit Cards?

Setelah keempat perencaan di atas sudab berhasil Anda tentukan, hal yang harus dipersiapkan berikutnya adalah budget. Sangat penting untuk mengetahui berapa limit pengeluaran yang harus Anda persiapkan. Jangan sampai konyol. Liburan romantis foya-foya, kembali ke rumah tak ada dana tersisa. Akhirnya masa-masa romantis pun berakhir dengan "peperangan" lagi. Buyarlah penyatuan cinta yang sudah dibangun kemarin.

Berhati-hatilah dalam urusan dana. Perhatikan pula jika Anda ingin mencampurkan antara cash, travelers checks dan credit card. Jika Anda pergi ke tempat liburan yang tak begitu populer dan tak punya ATM, perbanyak membawa cash dan travelers checks. Jika di tempat tersebut ATM tersebar di mana-mana, jangan terlalu banyak membawa cash. Jadi, ada baiknya memperhatikan keuntungan dan dana seperti apa yang harus Anda harus dalam liburan romantis ini.

ATM

Keuntungan membawa ATM, selain lebih aman, Anda juga bisa mengambil uang di tempat tujuan (di dalam negeri) tanpa dikenakan bunga. Jika ATM Anda dikeluarkan dari sebuah bank yang memiliki ATM terbatas, uang tetap bisa dtarik dari ATM bersama. Meski ada bunga, tak begitu tinggi dibandingkan bila Anda harus membawa cash banyak dan justru membahayakan diri serta merusak suasana romantis karena selalu khawatir.

CREDIT CARD

Pastikan Anda membawa lebih dari satu kartu kredit. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, seperti kartu kredit Anda over limit. Apalagi jika Anda memutuskan untuk liburan ke luar negeri. Pastikan Anda membawa kartu kredit yang sudah dikenal di seluruh dunia. Cek lebih dulu berapa limit yang tersisa dari credit card Anda. Tanyakan pula ke bank tempat kartu kredit tersebut dikeluarkan, apakah kartu tersebut sudah ada asuransinya. Hal ini untuk keamanan jika terjadi kerusakan atau hilangnya kartu kredit Anda. Memang jika segala sesuatunya dilengkapi, ada "harga" yang harus Anda bayar.

Jika Anda membayar apapun dengan cash, orang akan lebih senang. Namun, membawa uang dalam jumlah banyak, tentunya harus mempertimbangkan rnasalah keamanan. Asal Anda sudah "mempersenjatai" diri dengan sistem penyimpanan yang dirasa aman, membawa cash cukup banyak, sah-sah saja. Ingatlah untuk menyebar uang Anda di berbagai tempat. Jangan menyimpannya hanya di satu dompet. Jika ingin bepergian ke luar negeri, ada baiknya menukarkan uang sebelum pergi. Karena umumnya uang rupiah dihargai murah di luar negeri. Anda tak mau rugi, 'kan?

TRAVELERS CHECKS

Alat tukar yang satu ini tak ubahnya dengan uang biasa alias cash. Namun kelebihannya, di hampir semua negara di dunia, jika travelers checks Anda hilang atau dicuri, bisa diganti dalam tempo waktu 24 jam. Cek buat para traveler ini bisa diuangkan dengan mata uang yang berlaku di negera tersebut sesuai dengan besarnya angka yang tertera pada cek tersebut. Namun memang ada biayanya antara 1-4 persen. Jika Anda membawa travelers checks ini, simpan baik-baik angka Seri yang diberikan. Buat beberapa salinan dari cek ini. Jika hilang atau tercuri, copy tersebut Anda berikan dan angka Seri yang cuma Anda ketahui. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan penggantian uangnya.


EmoticonEmoticon