Selasa, 13 Maret 2012

Pemandian Stabian Peninggalan Bangsa Romawi akhirnya kembali dibuka setelah 3 tahun menjalani renovasi, situs ini merupakan salah satu peninggalan bangsa Romawi. situs ini diperkirakan dibangun pada abad ke 5 SM oleh bangsa Romawi. 


Pemandian Stabian adalah yang paling tua dibandingkan dari tiga situs pemandian yang ada. Situs pemandian ini dibagi menjadi beberapa ruangan seperti apodyterium (ruang ganti), Frigidarium (Kamar Mandi dingin), tedpidarium (kamar mandi hangat), dan caldarium (Kamar Mandi Air Panas). 

Situs ini sudah terlihat rapih setelah direnovasi di beberapa bagian, beberapa diantaranya membangun jalan setapak yang memisahkan antara pemandian laki-laki dan perempuan, para pekerja juga merapihkan lukisan dan arsitektur yang berada di langit-langit atau dinding tanpa menghilangkan arsitektur aslinya. 

Antonio Varone, sebagai Kepala Pengelola situs ini mengatakan "Kami senang bahwa kami akhirnya bisa membuka kembali situs ini ke umum, banyak wisatawan yang merasa tertarik dan senang untuk berkunjung ke situs ini". 


EmoticonEmoticon