Senin, 22 Maret 2010

Semakin Tua Semakin CintaSiapa bilang, seiiring usia bertambah cinta akan berkurang atau bahkan menghilang dan yang ada hanya komitmen. Opini tersebut dipatahkan oleh penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Quebec di Kanada.

Dari penelitian diketahui pasangan usia lanjut lebih merasakan jatuh cinta dan kehidupan seksualnya juga memuaskan, meskipun memiliki hambatan fisik. Lalu, orang yang berusia lebih dari 65 tahun, memiliki nilai tertinggi antara 119 hingga 120 poin, dalam skala "Spanier Dyadic Adjustment Scale". Skala tersebut berfungsi untuk mengukur kebahagiaan pasangan.

Skala tersebut tidak hanya mempertimbangkan kepuasan seksual, tetapi juga seberapa baik pasangan berkomunikasi, menjalankan fungsi bersama-sama secara umum, dan kohesi (ketertarikan) satu sama lain. Penelitian ini melibatkan 508 pasangan yang tinggal di Quebec, yang semuanya pensiunan, dan sebagian besar kebanyakan di atas usia 65 tahun.

"Saya berteori bahwa pasangan setelah mereka pensiun memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama dan melakukan banyak hal, seperti bulan madu kedua," kata Profesor Psikologi Gilles Trudel,dari University of Quebec.

Pada beberapa kasus, para pensiunan memang mengalami hal yang sebaliknya, seperti masalah pernikahan dan kondisi keuangan. Hal ini bisa menimbulkan depresi yang lebih parah jika dibandingkan depresi pada orang muda. Peneliti juga melakukan pertemuan atau sesi kelompok pasangan tua untuk memberikan beberapa tips berkomunikasi agar hubungan menjadi lebih baik, saling menghargai dan berbagi perasaan dengan pasangan.


EmoticonEmoticon