Saat cinta ditolak, bagaimana harus bertindak?

Saat perasaan cinta tidak mendapatkan tanggapan seperti yang diharapkan, Anda pasti akan berada dalam jutaan emosi yang bercampur baur. Baik rasa marah, malu, gelisah dan/atau putus harapan.


Hampir setiap manusia yang mengenal cinta pernah mengalami penolakan dalam hidupnya. Bagaimana cara mereka mengatasi dan melaluinya, tentu berbeda-beda. Berikut ini beberapa strategi yang mungkin membantu mengembalikan rasa percaya diri Anda setelah setelah ditolak seseorang:

1. Jangan dimasukkan ke hati

Pada beberapa kasus penolakan yang dilakukan oleh ‘cem-ceman’, sebenarnya tak ada hubungannya dengan diri Anda. Misalnya, ia menolak Anda karena Anda mengingatkannya akan seseorang di masa lalu, tengah mengalami krisis karir, atau tengah mengalami masalah pribadi yang tak bisa ia katakan.

2. Tenangkan sisi kekanak-kanakkan Anda


Sisi kekanak-kanakkan Anda pasti akan bereaksi berlebihan, seperti rasanya dunia telah terbalik 180 derajat dan Anda tak akan pernah menemukan cinta sejati. Sementara pemikiran dewasa Anda pasti akan tahu bahwa hal itu tak benar.

Jadi cobalah menekan dan menenangkan sisi kekanak-kanakkan yang ada di dalam diri Anda, hindari pemikiran-pemikiran kurang realistis. Untuk mengembalikan kepercayaan diri, buatlah daftar orang-orang yang Anda cintai dalam hidup dan biarkan racun penolakan itu sirna.

3. Jangan menyiksa diri Anda

Jangan biarkan respon negatif mengguncang diri Anda, yakinkan bahwa mungkin ia memang bukan jodoh Anda. Lagi pula, bukan dosa untuk tetap lajang bila memang belum ada yang cocok dengan Anda. Hidup masih terus bergulir….

4. Ambil sebagai pelajaran

Jika Anda beberapa kali gagal dalam menjalin hubungan, sebaiknya Anda merasa berterima kasih. Memang gagal adalah hal yang tak menyenangkan, tapi daripada Anda terlanjur terjebak padanya seumur hidup mungkin keputusan ini adalah yang terbaik. Ambil sebagai pelajaran, serta tetap buka dan hati untuk cinta yang lain.

5. Lihat sisi positifnya

Keliatannya klise, tapi sebuah penolakan juga bisa menjadi motivator hidup untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Misalnya jadi rajin olahraga ke gym dan memperhatikan penampilan lebih baik, siapa tahu Anda akan mendapatkan pasangan baru yang lebih baik dari sebelumnya.

6. Jangan hanya berdiam diri


Kadang, kenyataan bahwa telah ditolak begitu menyakitkan dan Anda terus bertanya-tanya kenapa. Sahabat Anda mungkin juga sudah berkali-kali menghibur dan mendengarkan keluhan Anda, tapi ingat, bukan berarti cinta sejati tak akan Anda temukan!

7. Cari pegangan

Jadikan penolakan sebagai titik balik di mana Anda punya kesempatan untuk berubah. Carilah pegangan. Kembali bersosialisasi, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta bersikap optimis melihat masa depan. Anda pasti mampu melampauinya!





1 comments - Skip ke Kotak Komentar

Poskan Komentar

Saat cinta ditolak, bagaimana harus bertindak?