Selasa, 13 Maret 2012

Pohon Pinus Ajaib di Jepang

Selalu ada kisah ajaib maupun mistis dalam setiap bencana besar yang terjadi. Pada peringatan setahun gempa bumi 9,0 SR dan tsunami Jepang, Minggu (11/3/2012), 

warga Jepang berbondong-bondong datang, melihat, dan berdoa di depan pohon ajaib, yang merupakan simbol rekonstruksi di Prefektur Iwate, Jepang. 

 Dikatakan ajaib, karena pohon pinus itu adalah satu-satunya pohon di pantai Rikuzentakata yang tetap selamat dari amukan gempa dan tsunami dahsyat setahun lalu. 

 Tak hanya masyarakat di sekitar tempat lokasi yang datang, warga yang berasal dari prefektur lainnya pun hadir di situ dan berdoa bersama, seperti dilaporkan NHK. 

 Pohon pinus ajaib itu sebenarnya sudah diketahui keberadaannya oleh kelompok konservasi, pada akhir 2011. Mereka menemukan pohon-pohon yang mati akibat akar yang membusuk, hal biasa saat bencana alam terjadi. Namun, ada sebuah keajaiban terjadi. Batang pohon pinus yang diperkirakan berusia sekitar 270 tahun tersebut, tak satu pun akar pohonnya membusuk. 

 Pohon pinus ini merupakan satu-satunya yang dapat bertahan pascabencana, di kala sekitar 70 ribu pohon pinus di pesisir pantai yang indah itu telah disapu bersih tsunami. Setahun lalu, gempa bumi dan tsunami melanda pantai timur laut Jepang, dan menewaskan hampir 16 ribu nyawa. Sekitar 3.300 orang hingga kini juga belum ditemukan.


EmoticonEmoticon